Jumat, 04 September 2015

Software localhost dengan Install satu Paket

Software localhost dengan Install satu Paket - Localhost adalah suatu aplikasi yang memberikan fasilitas kepada penggunanya agar dapat mengakses Local Hosting atau loopback address local computer.

Untuk memulai belajar membuat suatu web sendiri dengan CMS atau sekedar ingin membuat website offline sebagai backup blog anda, langkah awal yang Anda perlukan adalah dukungan server atau hosting lokal (localhost).

Localhost diperlukan bukan hanya akan menyediakan tempat untuk file-file situs Anda, namun juga menjalankan script php serta database via MySql.

Dengan bantuan localhost ini, Anda tidak perlu memikirkan biaya sewa hosting dan domain ataupun biaya untuk mengakses internet saat Anda membangun situs Anda.

Situs Anda akan ter akses secara offline di komputer Anda sendiri, dan apabila telah siap untuk di akses oleh pengguna internet, Anda bisa menyewa hosting dan domain.

Agar dapat menggunakan localhost atau jaringan lokal, Anda membutuhkan beberapa komponen agar jaringan lokal tersebut dapat di jalankan.

Diantaranya MySql Server, Apache, PhpMyadmin dll semua komponen tersebut dapat di install satu per satu dan itu tentu memakan waktu yang lama dan bagi anda yang terbilang baru mengenalnya akan mengalami kesulitan untuk melakukan instalasinya, karena masing-masing paket tersebut terpisah. Namun seiring perkembangan kini Anda dimudahkan untuk mendapatkan Software atau aplikasi localhost tanpa harus instalasi satu per satu.

Bitnami adalah software berbasis GUI yang didalamnya terdapat beberapa komponen untuk membangun sebuah server lokal. Dengan adanya Bitnami ini Anda sudah dimanjakan dengan proses penginstalan yang mudah serta terintegrasi. Anda hanya perlu mengunduhnya dalam bentuk bundel paket software Xampp. Jadi Anda tidak perlu sulit dan cemas apakah setiap software yang dibutuhkan untuk membangun localhost akan terinstall semua dengan baik atau tidak.

Bitnami ini disponsori oleh BitRock sebuah perusahaan yang didirikan pada tahun 2003 di Seville, Spanyol oleh Daniel Lopez Ridruejo.

Xampp adalah singkatan dari X (empat sistem operasi apapun) yaitu Apache, MySql, Php dan Perl. Apache adalah Web server, MySQL adalah database, PHP adalah bahasa scripting yang dapat memanipulasi informasi yang dibuat di database dan menghasilkan halaman web dinamis konten setiap waktu diminta oleh browser. Program lain juga dapat dimasukkan dalam paket, seperti phpMyAdmin yang menyediakan antarmuka pengguna grafis untuk manajer database MySQL, atau bahasa scripting Python alternatif atau Perl.

Xampp merupakan salah satu aplikasi Web server cross platform yang bisa dipakai di komputer OS Windows, Linux, maupun Mac. Dengan Xampp, kita dapat menginstal aplikasi berbasis Apache Web Server dengan hanya beberapa klik saja.

Xampp dikembangkan oleh Apache Friends Anda dapat mengunduhnya melalui situs resminya Apache Friends

Selain Xampp Server, terdapat paket aplikasi lainnya yang di dalamnya terdapat Apache, MySql, dan PHP. Diantaranya adalah : App Server, Wampp, Lampp, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar